Mohammad Isra

PR & Social Media

In Study on 31/12/2012 at 07:00

Social Media membawa perspektif dan pola baru di era informasi dalam bentuk jaringan teknologi yang memungkinkan setiap orang mengakses kemana saja untuk memenuhi kebutuhannya, Organisasi/Perusahaan yang mengadopsi internet/Social Media akan mengalami perkembangan pesat di tengah-tengah masyarakat informasi yang semakin heterogen dan dapat meraut khalayak atau pasar sasaran yang lebihbesar jumlahnya. Kini dunia PR memasuki masa keemasan, karena teknologi internet/sosial media ini telah membawa praktisi mampu mencapai public sasaran secara langsung, tanpa intervensi dari pihak-pihak lain, seperti redaksi atau wartawan di media massa yang biasanya bertindak sebagai penjaga gawang pesan komunikasi dan melakukan penyensoran terhadap pesan informasi PR bagi khalayak (public).

Beberapa Social Media yang bisa dimaanfaatkan oleh PR dalam  menjalankan fungsinya :

1. Wikipedia

wikipedia-logo-en-big

Wikipedia adalah Ensiklopedi Elektronik yang beroperasi di jaringan Internet. Ensiklopedi yang bisa di-edit oleh siapa saja yang bertujuan untuk memperkaya informasi/pengetahuan mengenai suatu entry.

PR dapat memanfaatkan Wikipedia dalam membangun Citra perusahaan. Dimana dengan berbagai opini yang publik tuangkan di Wikipedia mampu menaikan Citra dimata publik yang membacanya. Dewasa ini orang-orang akan cenderung mencari informasi menggunakan Search Engine seperti Google, Bing, dsb. Rujukan oleh Search Engine tersebut biasanya akan langsung mengarah ke Wikipedia. Tentu saja ini dapat dimanfaatkan oleh PR dalam  membangun ‘awareness’ ke publik melalui Wikipedia.

2. Twitter

twitter_273x178

PR dapat memanfaatkan Twitter yang notabene memiliki tingkat aktivitas yang tinggi. Melalui Twitter, informasi bisa disampaikan secara cepat dan tidak terbatas waktu. Selain itu juga Twitter bisa menjadi sarana yang sangat efektif dan efisien bagi PR dalam melakukan Fact Finding, dimana dengan mengetikan suatu kata (contohnya : nama perusahaan, nama produk) PR akan dapat melihat opini-opini yang beredar di masyarakat (masyarakat cyber). Tentu saja ini akan sangat membantu praktek-prakter ke-PR-an.

3. Youtube

unnamed

Keunggulan Youtube adalah dokumentasi Audio&Visual yang bisa diakses siapa saja, dan juga diunggah siapa saja. Ini akan menjadi media yang sangat ampuh secara biaya dan waktu yang dikeluarkan. Contohnya pada prakter Marketing PR, PR bisa mengunggah sebuah teaser video mengenai suatu produk yang akan diluncurkan, tanpa membutuhkan biaya yang besar (tidak seperti beriklan pada media massa). Apabila dikombinasikan dengan media sosial lainnya seperti Twitter ataupun Facebook, maka ini akan menjadi alat ‘sounding’ yang sangat ampuh dalam konteks Marketing PR.

4. Facebook

images

Walaupun belakangan ini pamor Facebook menurun dibandingkan Twitter, namun beberapa fitur Facebook masih tetap bisa dimanfaatkan oleh PR. Seperti :

–          Membentuk komunitas (Facebook Group)

–          Mempromosikan Perusahaan/Produk (Facebook Ads)

–          Membangun Brand Affinity (Facebook Fan Pages)

–          Mengunggah Gambar, Video, Musik, Link

5. Virtual Game Worlds

boehringer_facebook_game_image_0_0

Beberapa perusahaan ternama sudah mulai menggunakan Game sebagai media komunikasi mereka. Salah satu contoh :

Boehringer Ingelheim, perusahaan besar dari Jerman yang bergerak dalam bidang Industri Farmasi, mengeluarkan sebuah game yang berkolaborasi dengan Facebook Game, yang diberi nama Syrum. Game ini dimaksud untuk meningkatkan kesadaran akan penyakit dan penanganannya dalam cara yang fun. Selain juga untuk lebih mengenal produk-produk daripada perusahaan itu sendiri.

6. Virtual Worlds

second_life-nanobugle1

Konsepnya kurang lebih sama seperti Virtual Game. Sudah banyak perusahaan maupun organisasi yang memanfaakan Virtual World sebagai sebuah bentuk baru dari Advertising. Contohnya Apple, menciptakan Online Store dalam Second Life, yang mengijinkan pengguna untuk browsing produk-produk terbaru dari Apple.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: