Mohammad Isra

Politik Dan Social Media

In Study on 31/12/2012 at 03:15

Masyarakat maya ( cyber community ) terbentuk dari sebuah komunal anggota jaringan yang terjalin atas motif tertentu. Motif itu bisa jadi hobi, cara pandang, kesamaan latar belakang ( pendidikan, politik, budaya, agama, profesi atau sebagainya). Melalui sosial media, masyarakat tidak lagi menjadi objek politik, namun bergeser menjadi subjek dan pemilik media. Ide politik yang tercurah dalam rangkaian kalimat dan tersebar menjadi sebuah pesan, kini menjadi kekuatan tersendiri. Dimulai dari keinginan untuk menyampaikan pesan politik melalui sosial media, akan terbangun kesadaran bersama.

Cyber-aktivisme melibatkan penggunaan media baru dalam kegiatan serupa dengan aktivisme politik. Aktivisme politik yang menggunakan media sosial, bila digunakan dengan tepat, ia beroperasi sebagai bagian intergral dari strategi politik dan seluruh proses komunikasi. Penetrasi besar teknologi, akan membuka kemungkinan bagi generasi baru untuk ruang diskusi, serta memfasilitasi penggunaan alat baru untuk membangun jaringan sosial.

pltks

Untuk melihat kekuatan media sosial dalam kancah politik, kita bisa belajar dari kemenangan Barrack Obama di Amerika Serikat. Melalui pemanfaatan media online, Obama, kemudian menjadi presiden pertama kulit berwarna di Amerika Serikat tahun 2008. Barack Obama memanfaatkan media internet sebagai alat kampanye dengan sangat efektif. Obama berhasil merebut 218 juta pengguna internet dan mengumpulkan dana senilai US 659,7 juta dollar atau setara 6,9 triliun rupiah, tiga kali lipat dari dana kampnya lawannya McCain.

Obama memanfaatkan internet untuk meraih simpati. Selain kampanye langsung, obama berkampanye melalui blog, situ, e-mail, video internet, you tube, dan facebook. Keberhasilan obama merupakan imbas dari ketekunannya menyapa publik lewat jejaring sosial facebook. Obama melakukan dialog dengan para calon voters secara pribadi, menyebar video pidato, dan mendorong pengumpulan dana secara online. Tujuannya jelas agar bisa berinteraksi dan berkomunikasi secara lebih dekat lagi dengan para pendukungnya.

social-media-and-politics

Dengan contoh diatas, kita dapat mengambil kesimpulan bahwa dunia Komunikasi khususnya dalam bentuk Cyber (Social Media, Blog, dsb) merupakan sebuah kekuatan baru yang patut diperhitungkan oleh para politikus, tim sukses, humas, dan sejenisnya yang berkecimpung didalam dunia Komunikasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: