Mohammad Isra

Iklan Online

In Study on 31/12/2012 at 07:11

Berikut ini adalah bentuk-bentuk iklan online :

1. Direct Advertising

Kelebihan : Kendali penuh.

Kekurangan : Cenderung tidak disukai oleh para pemilik blog atau website karena akan merusak estetika dari blog atau website itu sendiri.

drct

Contoh : Iklan Indosat pada http://www.detik.com

2. Self-service Advertising

Pendekatan iklan baru di mana materi iklan, penempatan iklan, tampilan serta teks dikerjakan sendiri oleh pemasang iklan melalui metode proses yang dilakukan sendiri di Online. Contoh: Blogads dan Google AdWords.

Kelebihan : Full control daripada isi iklan.

Kekurangan : Pengiklan harus mampu menguasai kompetensi dalam membuat dan memasang iklan online

slf

Contoh : Iklan Buku yang ditulis oleh si pemilik blog sendiri pada http://www.benablog.com

3. Ad Networks

Sebuah jaringan (network) iklan yang menghubungkan dan memediasi antara pemasang iklan dengan pemilik situs web. Jaringan iklan seperti ini biasanya menargetkan kampanye-kampanye yang tidak mempunyai target audience khusus, tetapi mengincar sebesar mungkin orang yang melihat iklan dengan biaya sekecil mungkin. Contoh: ValueClickMedia dan Tribal Fusion.

Kelebihan : Biaya minim. Menjangkau banyak orang.

Kekurangan : Terikat peraturan dari penyedia Ad Network

adntwks

Contoh : http://www.valueclickmedia.com

4. Contextual Advertising

Iklan yang ditargetkan pada content. Iklan tidak ditampilkan secara random, tetapi telah dipilih oleh sistem secara otomatis sesuai dengan content yang relevan dengan iklan tersebut. Contoh: Google AdSense dan Yahoo Publisher Network.

Kelebihan : Tepat sasaran. Karena iklan berdasarkan jenis isi dari web/blog.

Kekurangan : Sulit mendapat iklan apabila tidak dalam kategori yang dimaksud.

contxt

Contoh : Iklan Product Gym pada fitnessblackbook.com

5. Twitter Advertising

Iklan yang berfungsi sebagai tweet dari pemasang iklan, yaitu iklan berbasis keyword yang pendek, yang didistribusikan kepada user yang membaca content yang sesuai dengan keyword yang dipilih. Contoh: Magpie dan Twittad.

Kelebihan : Taktis. Cerdas. Jaringan yang sangat luas. Mengandalkan konsep word of mouth.

Kekurangan : Keterbatasan karakter (140 Karakter per Tweet)

twttrads

Contoh : Review Starbucks pada http://www.twitter.com

6. In-Text Advertising

Sistem in-text advertising secara otomatis menghubungkan kata-kata tertentu di dalam website dengan content iklan yang berhubungan. Contoh: Kontera dan Vibrant in-Text Ad.

Kelebihan : Simpel. Hanya mengandalkan Kata yang tepat untuk kemudian terhubung pada iklan yang dimaksud.

Kekurangan : Tidak sembarang kata dapat terhubung dengan iklan yang dimaksud.

inlineads

Contoh : In Text Ads pada salah satu artikel di http://www.bodybuilding.com

7. Ad Network Optimization

Jasa optimasi iklan ini mengevaluasi dan memilih iklan yang membayar terbanyak untuk ditampilkan dalam halaman web dengan mengevaluasi semua pilihan serta ukuran iklan yang paling baik, dan karakteristik visualnya. Contoh: PubMatic dan YieldBuild.

Kelebihan : Sistem secara otomatis mengoptimalkan penempatan iklan

Kekurangan : Modal cukup besar.

adntwoptmz

Contoh : http://www.pubmatic.com

8. Rep Ad Agencies

Agen periklanan yang mewakili blog-blog serta situs web tertentu dan memediasi penjualan mereka untuk kampanye-kampanye besar yang dilakukan brand-brand besar ataupun agensi iklan besar. Contoh: Federated Media dan Tribal Fusion.

Kelebihan : Pihak agensi membantu pemasaran melalui iklan.

Kekurangan : Biaya besar. Karena melalui beberapa pihak dan perantara.

repad

Contoh : http://www.federatedmedia.net

9. Social Advertising

Iklan untuk social media. Tidak seperti iklan tradisional, format iklan ini memanfaatkan dinamika pengaruh sosial seperti pengaruh peer group, word of mouth, viral marketing dan rekomendasi langsung dari teman ke teman. Contoh: VideoEgg dan Meebo.

Kelebihan : Biaya rendah. Kekuatan Word of Mouth.

Kekurangan : Kekuatan Word of Mouth bisa juga menjadi boomerang (Senjata makan tuan)

sclads

Contoh : http://www.meebo.com

10. Video Advertising

Bentuk iklan yang ditargetkan pada content video. Berbagai format tersedia, termasuk iklan dinamis yang bisa tampil sebelum, setelah, ataupun selama tayangnya content video tertentu. Contoh: Voxant dan AdSense for Video.

Kelebihan : Tampilan visual, akan selalu menjadi pusat perhatian. Menarik.

Kekurangan : Akses video yang membutuhkan bandwith cukup besar akan menjadi perhitungan bagi mereka yang memiliki kecepatan koneksi yang rendah,

vdads

Contoh : Group Band Maroon 5 yang bekerja sama dengan Youtube dalam mempromosikan banner yang di-hyperlink ke channel video mereka pada http://www.youtube.com

11. RSS Advertising

Iklan ini ditampilkan di dalam RSS Feed, yang bisa disesuaikan dengan konteks content RSS feed tersebut atau secara manual ditargetkan pada kebutuhan promosi tertentu. Contoh: Pheedo dan Feedvertising.

Kelebihan : Menghemat waktu. Singkat. Update setiap ada pembaruan. Alternatif channel komunikasi. Kompetitif.

Kekurangan : Isi dapat dengan mudah di-copy. Susah mencari sumber asli.

rssads

Contoh : RSS Feed dari bbc.uk

12. Sponsorship

Adalah bentuk bantuan dana atau bisa juga dalam bentuk produk/layanan sebagai ganti promosi terhadap suatu brand. Sponsorship online adalah strategi alternatif yang banyak digunakan dan dianggap lebih efektif daripada pemasangan iklan online berbentuk banner

Kelebihan : Dana besar. Promo lebih besar. Dapat memanfaatkan kontrak kerja sama.

Kekurangan : Terikat kontrak dengan pihak sponsor.

spnsrhp

Contoh : Sponsorship Indosat dengan Kaskus pada www.kaskus.co.id

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: