Mohammad Isra

Cyber PR, Take It Or Die!

In Study on 30/12/2012 at 19:56
Luar biasa! Menakjubkan!
Anda bahkan tidak akan pernah menyadari cepatnya teknologi berkembang. Anda tidur lalu bangun dan menyadari bahwa alarm canggih disamping tempat tidur anda begitu hebat dengan ke-digital-annya. Lalu besoknya anda tidur lagi lalu bangun lagi, dan mendapati alarm digital tadi telah berganti menjadi sebuah perangkat keras berdimensi seukuran telapak tangan anda, yang menampilkan tidak hanya jam namun semua informasi yang anda butuhkan. Semua? Ya, Semua. Waktu di berbagai negara, berita dari berbagai belahan dunia, mendapati bahwa klub sepakbola anda menang dengan telak dari rival abadinya, terkejut dengan saham saingan anda yang mendadak anjlok, bahwa kemudian seorang Angelina Jolie membocorkan foto bugilnya dengan anda (Well, ini mungkin sedikit mustahil..), dan anda tidak akan heran ketika membaca sebuah update dari tetangga anda yang sedang merindukan pasangannya yang 3 tahun tidak bertemu, dan tanpa sadarnya lagi, seluruh dunia bahkan bisa tahu bahwa beberapa jam yang lalu anda sudah terlelap tidur, menghilang dari dunia ini. Bagaimana seluruh dunia bisa mengetahui anda sedang ‘Tidur’ (sebuah kegiatan anda yang menjadi privasi anda mendadak menjadi ranah umum), Ya itulah dunia tempat kita hidup saat ini.
Semuanya terhubung tanpa ada batasan waktu. Real time is no time. semua sisi-sisi kehidupan mulai berubah. Seluruh aspek di dunia ini terseret pada arus perubahan yang sangat pesat ini. Dan dunia Public Relations pun tak luput dari arus perubahan itu.
Perkembangan teknologi informasi membuat cara kerja praktisi Public Relations (PR) mau tak mau harus berubah. PR adalah sebuah bentuk luas dari proses ‘Komunikasi’. Dan Komunikasi membutuhkan media. Dan media komunikasi yang ada pun mengalami perubahan. Berkomunikasi tidak lagi terikat ruang dan waktu. Tidak mengenal batasan. Inilah bentuk komunikasi yang mengalami perubahan di era Social Media yang kita jalani sekarang.
 CyberPR_logo_RGB_color
Banyaknya jejaring sosial itu membuat PR tak lagi hanya berkutat dengan urusan press release yang mengedepankan kaidah bahasa formal. PR dituntut harus lebih luwes untuk bisa berkomunikasi khalayaknya di dunia maya.
Tengoklah beberapa Social Media / Jejaring Sosial yang sedang naik daun sekarang ;Facebook, Twitter. Dalam 1 jam saja sudah terjadi berjuta-juta pertukaran informasi dalam berbagai gaya bahasa yang tidak harus formal namun sangat efektif. Atau bentuk-bentuk wadah komunikasi cyber lainnya dalam sebuah Forum Online ; Kaskus, DetikForum. Atau jaringan komunikasi telepon seluler ; BBM, Whatsapp, Line. Atau pertukaran informasi berdasarkan lokasi (Geotagging) ; Foursquare.
Lihat bagaimana proses komunikasi konvensional mengalami perubahan yang sangat luar biasa ketika dikonversikan dalam dunia Cyber. Oleh karenanya, Public Relations dalam Dunia Cyber pun dituntut untuk mampu bergerak dalam bentuk-bentuk komunikasi yang baru tersebut. PR harus belajar, beradaptasi, dan melihat sekeliling dunia cyber dengan jeli dan teliti.
Ada sebuah ilustrasi yang pasti sudah sangat tidak asing lagi di telinga para praktisi PR, yaitu ‘PR ibarat sebuah jembatan. Ia menghubungkan perusahaan dan publik’. Ilustrasi tersebut benar adanya. Namun di era cyber ini, bentuk PR yang diilustrasikan itu mau tak mau harus berubah. PR tidak lagi sebuah Jembatan. PR HARUS menjadi udara, yang ada dimana saja dan kapan saja, dan sangat dibutuhkan semua orang.
Here’s a small example: Cobalah mencari nama dari coffee shop langganan anda pada jejaring sosial Twitter. Misalnya ‘Starbucks’. Anda akan menemukan bahwa semua orang membicarakan Starbucks bahkan pada detik itu juga. Mereka akan berbagi dan bertukar pendapat, pengalaman, tips, kritik dan lainnya mengenai Starbucks. Anda akan mengetahui itu semua in no time! Lihat? Sumber informasi tanpa batasan ruang dan waktu, dan itulah peluang yang harus diambil oleh para praktisi PR.
Branding, Image Creating, Marketing, dan tugas-tugas PR lainnya akan mengalami perubahan yang sangat drastis. Dan semua itu adalah peluang yang sangat menguntungkan bilamana PR secara cerdas dan tepat mengambil itu.
‘Take it or die’ !

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: